Inilah Alasan Mengapa Lebih Baik Memilih Sabun Alami

https://1.bp.blogspot.com/-qNk53Zg090g/X7J7dGdAOfI/AAAAAAAAATc/nzqw7ZnaN6oZzT_7YyY1nwRDzE9F_nqxgCLcBGAsYHQ/s72-c/soap-sabun-mandi.jpegclick to zoom
Kategori Artikel
Harga @ Jika Anda berfikir, mengapa sih harus susah-sus…
Share
BELI SEKARANG

Deskripsi Produk Inilah Alasan Mengapa Lebih Baik Memilih Sabun Alami

@

Jika Anda berfikir, mengapa sih harus susah-susah bikin sabun handmade? kalau pun beli harganya lebih tinggi daripada sabun pabrikan, kenapa sih? Saya dulu juga berfikir begitu. Setelah mempelajari berbagai literatur, saya mendapati fakta yang tidak pernah saya sadari bahwa bahan kimia sintetis dalam sabun pabrikan lama-lama bisa membuat kulit saya rusak.

Bahayanya Sabun Pabrikan

Saya dulu sering heran, mengapa setelah saya mandi memakai sabun (pabrikan) kulit saya kering dan bersisik sehingga saya harus pakai pelembap atau lotion. Ternyata saya baru tau kalau itu adalah efek dari Sodium Lauryl Sulphate (SLS) yang merupakan salah satu bahan sabun pabrikan. Selain SLS, sabun pabrikan juga mengandung bahan kimia sintetis lainnya yang dapat mengiritasi kulit sensitif.

Fakta lain yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa sabun anti-bakteri pabrikan mengandung bahan kimia Triclosan yang telah diklasifikasikan oleh EPA sebagai pestisida. Triclosan selama proses manufaktur di pabrik dapat membentuk dioksin yang bersifat karsinogenik. Kulit sebagai salah satu organ terbesar dari tubuh manusia dapat menyerap beberapa zat kimia yang dipaparkan pada kulit sehingga dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh terutama kulit.

Manfaat Handmade Soap

Handmade Soap merupakan sabun yang diproduksi menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji bunga matahari, dll. Biasanya sabun-sabun tersebut diperkaya dengan bahan-bahan alam fungsional lainnya seperti daun bidara, daun kelor, susu kambing, dll. Dengan kandungan-kandungan bahan yang alami dan penuh manfaat tersebut, sabun mandi handmade tidak hanya aman digunakan tetapi juga mampu merawat kesehatan kulit.

Mengandung Gliserin Alami yang Tinggi

Handmade Soap dibuat dengan reaksi saponifikasi antara minyak dengan zat alkali yang menghasilkan gliserin. Gliserin adalah pelembap yang masuk dalam golongan humectant. Gliserin memiliki kemampuan untuk menarik dan menahan air sehingga mempertahankan kelembaban pada kulit sehingga kulit menjadi lembut.

Pada tahun 1889, ditemukan cara untuk memisahkan gliserin dari sabun dan membuat industri pembuatan sabun tiba-tiba menjadi jauh lebih menguntungkan! Produsen sabun komersial, sebagian besar mengambil gliserin pada sabun mereka dan menjualnya secara terpisah karena sangat berharga dan menguntungkan. Mereka menggantikan gliserin dalam sabun mereka dengan gliserin sintetis. 

Gliserin ini harganya lebih mahal dari sabun sehingga perusahaan sabun pabrikan menjualnya kepada perusahaan-perusahaan farmasi dan kosmetik untuk membuat lotion dan krim yang mahal. Gliserin adalah faktor besar dalam “mengapa sabun buatan tangan sangat berharga dan bermanfaat bagi tekstur kulit.”