Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Kulit

https://1.bp.blogspot.com/-f9XlWAlAO88/X7J65fi3Z6I/AAAAAAAAATU/BxrMuZqyG983uCuCbhC8P1L8JjG07Zq1ACLcBGAsYHQ/s72-c/olive-oil-salad-dressing-cooking-olive-min.jpgclick to zoom
Kategori Artikel
Harga @ Minyak zaitun adalah salah satu bahan dasar sab…
Share
BELI SEKARANG

Deskripsi Produk Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Kulit

@


Minyak zaitun adalah salah satu bahan dasar sabun hania handmade soap. Komposisinya paling besar di antara minyak-minyak yang lain. Minyak zaitun dipilih sebagai bahan dasar sabun hania handmade soap karena manfaatnya yang banyak bagi kulit.

Minyak zaitun adalah minyak yang diekstrak dari buah tanaman zaitun (Olea europaea) yang masih tergolong dalam famili oleaceae. Selain dikenal sebagai penambah cita rasa makanan, minyak zaitun juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. 

Dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa tikus yang dioleskan minyak zaitun pada kulitnya ketika diradiasi sinar ultraviolet tingkat tumornya lebih rendah secara signifikan. Minyak zaitun bekerja menutrisi kulit untuk melawan sel-sel penyebab kanker.

Mencegah Flek Hitam dan Tanda Penuaan pada Kulit

Menurut International Olive Council , minyak zaitun memiliki banyak kandungan vitamin, terutama vitamin larut minyak yaitu A, D, E dan vitamin K.

Salah satu tanda-tanda penuaan kulit adalah munculnya flek-flek hitam yang salah satunya diakibatkan oleh radikal bebas. Vitamin E yang terkandung dalam minya zaitun merupakan vitamin yang bersifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga mampu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Mencegah Jerawat dan Membantu Pembentukan Sel Kulit Baru

Produksi keratin (protein alami pada rambut) akan meningkat pesat hingga melebihi batas optimalnya ketika kekurangan vitamin A sehingga menyebabkan produksi minyak di kulit lebih banyak. Produksi minyak berlebih di kulit dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat. Kandungan vitamin A dalam minyak zaitun dapat mencegahnya.

Selain itu, vitamin A juga dapat mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Dengan begitu, risiko tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati akan berkurang dan tampilan pori-pori kulit pun akan terlihat lebih kecil.

Mengurangi Kerusakan Kulit Akibat Radiasi Sinar UV

Minyak zaitun mengandung senyawa yang disebut squalene. Kandungan squalene yang tinggi pada minyak zaitun mampu memberi tambahan kinerja antioksidan. Kandungan Squalene pada minyak zaitun mampu mengurangi kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV.

Melembapkan Kulit dan Mencegah Iritasi

Polifenol dan antioksidan kuat pada minyak zaitun dapat membantu memulihkan dan memperbarui sel-sel kulit. Minyak zaitun juga mengandung senyawa yang disebut oleocanthal. Senyawa tersebut dapat memberikan efek yang menenangkan pada kulit yang teriritasi dan meradang.

Mampu Melawan Bakteri

Pada sebuah hasil penelitian in vitro, kandungan polifenol pada minyak zaitun mampu melawan 8 strain bakteri Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan penyakit maag. Tiga strain diantaranya merupakan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.